Pada Hari senin kemarin, tanggal 18 Juni 2012 Berhubung Lagi BU buat Biaya Renovasi Rumah, terlaksana juga saya melakukan Pencairan Dana Jamsostek yang memang dari jauh-jauhari mau saya lakukan, Sebelumnya sempat kepikiran akan susahnya proses klaim JHT tersebut, saya akhirnya sering mengurungkan niatnya untuk melakukannya.

Image
Kebetulan saya berdomisili di bandung, jadi Proses pencairannya di Lakukan di PT. Jamsostek Cabang Bandung di Jalan Suci / PHH. Mustofa.
Saya sempat Balik lagi ke rumah karena ada 1 berkas yang kurang yaitu Kartu Keluarga Asli.
Adapun Persyaraan Proses Pencairan Jamsostek  Adalah :
1. Jangka waktu dari Pendaftaran Keanggotaan Jamsostek lebih dari 5 Tahun di tambah 1 Bulan Masa Tunggu.
2. Sudah Tidak menjadi Karyawan di Perusahaan tempat Peserta di daftarkan Keanggotaan Jamsostek.
3. Menyertakan Berkas-berkas yang di butuhkan antara lain :
– Kartu Peserta Jamsostek Asli
– Fotokopi Surat Vakelaring / SK Pemberhentian dari perusahaan tempat Pendaftaran keanggotaan Jamsostek (yang aslinya juga wajib di bawa)
– Fotokopi KTP/SIM ( KTP/SIM Asli wajib di bawa ).
– Fotokopi Kartu Keluarga (yang Aslinya juga wajib di bawa)
– Materai Rp. 6000,- untuk Surat Pernyataan
4. Mengisi & Menandatangani Form Claim, Ada 2 Jenis Formulir yaitu Claim JHT & JKK

Semua berkas-berkas & fotokopian & Form klaim di satukan (Kartu Peserta Asli, Foto Kopi KTP/SIM,Fotokopi Kartu Keluarga, Foto Kopi Surat Vakelaring), setelah itu Ambil antrian (ada Petugas yang mengurusnya).
sekitar kurang lebih 2 Jam Menunggu, Akhirnya Giliran Nomor Antrian Saya di Panggil, dan menuju Loket, ada beberapa proses tanya jawab oleh petugas& penulis sempat juga di Photo (mungkin menghindari Penipuan) disini saya juga di suruh memperlihatkan dokumen2 aslinya (KTP Asli, Surat Vakelaring Asli serta Kartu Keluarga Asli), sedangkan Kartu Jamsosteknya tidak di kembalikan.

Image
tidak beberapa lama penulis di suruh nunggu lagi, sekitar 45 Menit akhirnya nama saya di Panggil masuk ke ruang Pencairan (masuk ke Bank Mandiri Cabang Jamsostek Suci). dan kemudian saya di kasih berkas2 milik saya yang tadi di serahkan di lengkapi dengan Rekap Dana Jamsostek, dan ada surat pernyataan yang harus di tanda tangani serta di kasih Materai, disitu ada opsi pencairan kas atau di masukan rekening (harus Rekening Bank Mandiri), karena saya gak punya Rek. Mandiri jadinya uangnya saya ambil cash aja.

Setelah itu tinggal nunggu di baris antrian untuk mengambil uang kas, Dan Selesai lah proses Pencairan Jamsostek, ternyata tidak susah & Tidak memakan waktu lama.

Image
mudah-mudahan Bisa menjadi info yang berguna.
wassalam.

Iklan