Beberapa hari yang lalu ketika saya ada acara tugas meeting di semarang, istri saya bingung, nanti bawa bekel apa yah untuk perjalanan ke Semarang, Secara  perjalanan dari Pangkalpinang ke semarang tidak sebentar, karena nunggu transit nya itu loh lama pisan.Akhirnya saya punya ide, gimana kalo bikin Burger.wah… that’s Great Idea, dulu sih pernah bikin burger, jadi gak di bilang baru pertama. oke disini saya hanya nge Share aja cara bikinnya, Resep ini sebenernya hasil googling dari beberapa resep luar negri yang saya modif sedemikian rupa supaya seleranya masih bisa di terima oleh lidah keluarga.

 

Bahan – bahan Roti Burger / Burger Buns

40 Gram susu Bubuk plain / saya pake Dancow Instan

75 Gram Margarin

150 cc Air

25 Gram Gula putih sebagai perasa

600 Gram Terigu (paling bagus sih cap Segi tiga biru, tapi yang di jual kiloan di warung juga gak masalah).

10 gr wijen sangrai sampai berubah warna.

2 sendok teh garam dapur.

1 Bungkus Ragi Instan/Fermipan/Shaf Instant (pokoknya kalo cari di pasar namanya ragi instan buat bikin roti/donat gitu)

2  Telur utuh kocok

1 Kuning telur untuk olesan

 

 

Cara Bikin Roti Burger / Burger Buns

1. Campurkan Susu,Margarin,Air,gula,garam kedalam wajan, masak sampai semua bahan larut, jangan sampai mendidih, kalaupun mendidih diamkan dulu beberapa saat sampai hangat-hangat kuku.

2. di dalam baskom, campurkan Terigu, telur, ragi instan, aduk pake  sampai rata

3. kemudian campurkan bahan yang tadi di masak sedikit demi sedikit, jangan kawatir terlalu lembek, karena dengan terus di aduk adonannya lama-lama akan kalis dan tidak lengket, ketika mengaduk adonan, taburi tangan dengan terigu biar tidak terlalu lengket.

4. setelah semua tercampur rata, dan adonan kalis atau adonan tidak lengket, diamkan adonan kurleb 1 jam, jangan lupa tutupi adonan dengan serbet.

5. setelah adonan mengembang 2 kali lipat dari ukuran sebelumnya, kempeskan adonan, bentuk bulat-bulat seberat 40 Gram, masukan ke loyang yang telah diolesi mentega, diamkan selama 45 Menit.

6. setelah mengembang sempurna, olesi bagian atas adonan roti masing masing dengan kuning telur, kemudian taburi wijen sampai rata.

7. Panggang dalam Oven selama kurleb 25 Menit.

 

Bahan-bahan Patties Burger / Daging Burger

1.  1/2 Kg Daging Sapi, Giling

1 1/2 Sendok Makan Garam

1 Bks Royo Sapi4.  1 Sendok Merica bubuk5.

1 Sendok ketumbar

1 Butir Bawang Bombay, cincang kasar

5 Siung bawang Putih Cincang halus

1 sendok teh pala bubuk

1/2 Sendok teh Jinten bubuk

Minyak goreng untuk menumis

3 Buah Roti tanpa Kulit,hancurkan, boleh di pake buns burger diatas, tapi kupas kulitnya

25 Gram susu bubuk plain / Dancow instan

Air matang 100 Mili

5 Sendok Makan tepung kanji

 

Cara Bikin Patties Burger / Daging Burger

1. Campurkan susu,air dan Roti biarkan beberapa menit sampai airnya meresap, aduk aduk hingga halus

2. Panaskan wajan, masukan minyak goreng.

3. masukan Bawang bombay, Bawang putih,Merica Bubuk, Pala Bubuk, Jinten Bubuk tumis hingga harum, tiriskan

4. Campurkan daging giling dengan  roti (yang telah di haluskan tadi), dan bumbu (yang telah di masak aduk sampai rata), serta tepung kanji, aduk lagi hingga rata.

5. Cara membuatnya bisa di Cetak,pake cetakan kue, kemudian di kukus, atau langsung dibentuk bulat-bulat terus di masak di dalam panci .

 

Bahan-bahan Pelengkap

Daun Selada Bokor

Tomat

Timun Jepang/Timun biasa juga bisa

Mayonaise

Saos Sambal

Keju Asap/ atau sesuai selera (bisa juga keju kraft single)

 

Cara Penyajian Burger

1. Potong Roti burger di tengah

2. Olesi masing-masing bagian roti dengan Mayonaise

3. Letakan Selada, irisan tomat, timun, keju, dan terakhir Daging burger/Patties burger.

4. tutup dengan bagian atas roti, sajikan dengan saus sambal… mmmm yummmiiii.

Gambar menyusul…