6 Bulan sudah berlalu, ketika saya mutusin untuk terjun di dunia usaha atau istilah populernya ya menjadi enterpreneur, tapi walau sudah di perkirakan tidak akan mudah, tapi tetep saja kaget melihat situasi real di lapangan, sekarang saya baru Ngeh “Memang tidak mudah menjadi seorang pengusaha sukses”, Banyak rintangan yang di hadapi, mulai dari karyawan, ataupun moods diri kita sendiri kadang naik turun.

Hmmm… terlepas dari diri kita sendiri ternyata memang pengaruh market sangat penting dalam kelangsungan usaha yang di jalani, contohnya kebetulan saya berusaha di bidang kuliner di kota Pangkalpinang Bangka, tetapi saya jualannya Siomay & Batagor Bandung, saya juga bingung nih berhubung baru dalam dunia bisnis, penyebab ketidaksuksesan bisnis ini apa karena memang rasanya tidak enak ?, atau memang belum pada tahu atau karena konsumen2 disini tidak terbiasa makan siomay & batagor ?.

Ini yang masih menjadi pertanyaan dalam diri saya. dengan sangat terpaksa saya memutuskan di bulan ke 7 ini usaha ini harus di Pending, karena tidak memungkinkan lagi menjalaninya, di bilang rugi ya rugi, tapi mau gimana lagi, dari pada nombok terus lebih baik cari lagi kesempatan di tempat lain, Insya Alloh saya akan membuka usaha ini lagi di tempat asal Batagor & Siomay yaitu di Bandung, tapi untuk waktunya saya masih mencari – cari waktu yang tepat.

Dari pengalaman ini saya dapat banyak sekali pelajaran, bahwa benar adanya menjadi Pengusaha itu tidak mudah, tetapi bukan halangan bagi kita untuk terus berusaha… mungkin ini memang bukan rejeki saya, walaupun kerugian lumayan banyak bagi saya… tapi ya iklasin aja, toh rejeki tidak akan kemana, dan mudah-mudahan nanti bisa keganti lagi dengan yang lebih besar, dan Tetap Semangat untuk menjadi Pengusaha !!!!